Saturday, September 7, 2019

Makalah Tokoh Pendidikan "Prof.Dr.H.Soedijarto,M.A & Howard Earl Gardner "


                      "MAKALAH TOKOH PENDIDIKAN"






Daftar Isi 

Daftar Isi……………………………………………………………………………………….............…….. i
Kata Pengantar ..………………………………………………………………………….........………….. ii
Prof.Dr.H.Soedijarto,M.A
-Profil………………………………………………………………………….…………………….................1
- Ide/karya yang dibuatnya………………....................................................1
- Jasa-jasa yang diberikan ……………………………………………………………….......…………..1
Howard Earl Gardner
- Profil …………………..………………………………………………………………………...............…..2
- Ide/karya yang dibuatnya ……………………………..………………............................2
- Jasa-jasa yang diberikan ……………………………………..…………………….........…………..2
Kesimpulan dari persamaan dan perbedaan dari kedua tokoh tersebut………………3
Penutup…………………….................…………………………………………………………….....….4 




Kata pengantar 

Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunianya kita
masih di berikan kesehatan badan dan pikirian. Sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah tentang tokoh-tokoh Pendidikan yang insya Allah isi dan
ringkasan tersebut bermanfaat untuk kita semua dalam mengenal dan mengenang
jasa-jasa dari tokoh Pendidikan ini.
Jika dalam isi dan ringkasan tersebut terdapat kurang alangkah baiknya kita dapat
saling memberi tahu dan menginformasikan lebih kepada kita semua untuk
pengetahuan Bersama.




Prof.Dr.H.Soedijarto,M.A

Profil
Lahir :

  •  Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia 17 Juli 1938

Meninggal :

  •  Jakarta, Indonesia 29 Januari 2017 (Umur 78 Tahun)

Pendidikan :

  • Pendidikan Sarjana di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Universitas Padjajaran , 1962
  • Pendidikan Master of Arts bidang Kurikulum dari
  • University of California, 1971
  • Menyelesaikan Doktor di IKIP Bandung, 1981

Pekerjaan : 

  • Dosen di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Padjajaran
  • Menjabat di Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  • Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bonn, Jerman Barat
  • Direktur Jendral Pendidikan Luar Sekolah, Pemuda dan Olah Raga
  • Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat dari Fraksi Utusan Golongan
  • Guru Besar di Universitas Negeri Jakarta
  • Ketua Dewan Pembina Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI)

Saat Prof. Dr.H. Soedijarto, M.A berumur 26 tahun, beliau dan beberapa orang pemuda menghadap Presiden
Soekarno pada 30 Desember 1962 untuk menyampaikan argument tentang pentingnya pendidikan guru setara
universitas. Beberapa bulan kemudian, Presiden Soekarno mengeluarkan surat keputusan mengenai berdirinya
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP). Setahun kemudian, Soedijarto diangkat menjadi kepala Biro
Urusan IKIP Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan. Di tahun-tahun berikutnya, ia pun terus aktif
dalam dunia pendidikan dan banyak menduduki jabatan-jabatan penting baik di dalam instansi maupun
organisasi yang memiliki keterkaitan dengan bidang pendidikan.


❖ Ide/karya yang dibuatnya

• Membuat karya tulis diantaranya :
- Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita (2008)
- Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu (1989)
- Memantapkan Sisdiknas (1991)
- Pendidikan Nasional Sebagai Transformasi Budaya (2003)

❖ Jasa yang diberikan

  • Seorang Akademikus dan Aktivis Pendidikan Indonesia
  • Penasihat Persatuan Guru Republik Indonesia yang memperjuangkan dunia Pendidikan Indonesia
  • Membuat makalah dan buku yang berisi pemikiran dan gagasan beliau di dunia Pendidikan








Howard Earl Gardner
❖ Profil
Lahir :

  •  11 Juli 1943 (usia 75 tahun), Scranton, Pennsylvania, Amerika

Pendidikan : 

  • Universitas Harvard (1966-1971)
  • Harvard Harvard College (1961–1965), Wyoming Seminary

Pekerjaan :

  • Co-Director pada Project Zero, sebuah kelompok penelitian (riset) di Havard School Graduate School of Education
  • Bekerja sebagai ahli psikolinguistik (Psikolog dan Linguistik) diHarvard School of Education tahun 1986
  • Bekerja di Good Work Project yang terkenal sebagai Good Project Menjelang lulus sarjana, tesisnya berjudul the Retirement Community in America. Pada tahun 1965-1966, ia mempelajari filsafat dan sosiologi di London School of Economic. Dia memperoleh gelar PhD dalam bidang sosial dan psikologi perkembangan dari Havard University pada tahun 1971, oleh karena tesisnya yang berjudul The Development of Sensitivity to Figural and Stylistic Aspect of Painting.

❖ Ide/Karya yang dibuatnya
Ide yang dibuatnya adalah tentang Kecerdasan Majemuk seperti Garner dalam bukunya yang bejudul Fremes of Mind,
yang dibagi dari beberapa jenis Kecerdasan
- Kecerdasan Bahasa atau linguistic
- Kecerdasan Logika
- Kecerdasan Intrapersonal
- Kecerdasan Interpersonal
- Kecerdasan Musik
- Kecerdasan Visual
- Kecerdasan Kinestetik
- Kecerdasan Alam atau Kecerdasan Naturalis.

❖ Jasa yang diberikan
Adapun jasa yang diberikan beliau yaitu :
- Penemu teori multiple intelligences (Kecerdasan Majemuk)
- Memberikan pengertian dari arti kecerdasan
- Memperikan ilmu tentang setiap orang mempunyai komponen kecerdasan




Persamaan dan Pertentangan:
Kesimpulan dari 2 tokoh tersebut mempunyai persamaan yang sama

1) Prof.Dr.H.Soedijarto,M.A
Mampu mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang menunjang
peserta didik untuk aktif mengembangkan potensi dirinya.

2) Howard Earl Gardner
Mengenali dan memelihara semua kecerdasan manusia bervariasi dan semua
kombinasi kecerdasan.
Yang artinya kedua tokoh tersebut mempunyai kesamaan yaitu sama-sama
menginginkan kecerdasan dan proses dalam kecerdasan tersebut terbagi dari
beberapa hal yang saling membutuhkan dalam segi situasi dan cara pembelajaran.




Penutup

 Alhamdulillah kami panjatkan Puji dan syukur dari hasil itulah yang dapat kami ringkas tentang tokoh yang berpengaruh dalam Pendidikan.
Kurang lebihnya mohon di maafkan, jika ada salah-salah penulisan dalam kata-kata mohon dapat di informasikan dan diberitahu agar kita semua dapat mengetahui kesalahan tersebut.
Wassallam.




No comments:

Membuat Laporan Hasil Observasi "Tuna Rungu"

LAPORAN OBSERVASI TUNA RUNGU DI SLB SANTI RAMA Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik Disusun Ol...